Rabu, 23 Mei 2012

Kenapa Tunas Muda

TUnas Muda, kedengarannya bukan sesuatu yang asing. Dan itu terbukti benar, karena nama itu sering kita jumpai entah itu untuk nama sekolah dan SSB. SSB Tunas Muda Telogorejo bisa jadi merupakan SSB yang entah kesekian kalinya menggunakan nama Tunas Muda. Memang, untuk saat ini belum ada yang mengklaim untuk mematenkan nama Tunas Muda. Jadi, sah-sah saja kami menggunakan nama itu. Sempat terlintas dalam pikiran kami untuk mengganti nama Tunas Muda dengan nama yang lain, pokoknya yang beda dan cuma kami yang punya, titik. NIat itu semakin kuat tatakala secara tidak sengaja kami ikut turnamen di 41. Alangkah terkejutnya kami (mf agak lebay) karena disitu terdapat salah satu peserta dengan membawa bendera Tunas Muda, oh my god.,selidik punya selidik, ternyata itu berasal dari kecamatan yang sama, 46.

Mengganti nama, akhirnya kami jadikan PR sembari melatih. Setelah dipikir-dipikir, mengganti nama ternyata bukan persoalan gampang, banyak hal yang saling mengkait untuk itu perlu dipikirkan secara lebih bijak. Sedikit menarik ke belakang, nama Tunas Muda pada waktu itu (Januari 2011) dipilih karena mencerminkan sesuatu yang baru, tumbuh, ingin berkembang, dan yang lebih penting tidak ingin terkontaminasi hal-hal buruk dari masa lalu. Landasan filosofis itu akhirnya yang menjadi spirit yang tertuang dalam sebuah mars Tunas Muda, dengan irama nada semirip yel2 salah satu suporter di Indonesia. Berikut ini liriknya yang dinyanyikan penuh semangat oleh para Tunas Muda :

dari segala penjuru, kami datang untuk berlatih
demi meraih prestasi, dengan bekal semangat tinggi
oa eo, oa eo, oa eo, oa eo
oa eo, oa eo, oa eo, oa eo

kami para Tunas Muda, tak pernah lelah, tak kenal menyerah
hujan, dan erik tetap semangat, berdisiplin, setiap, saat
oa eo, oa eo, oa eo, oa eo
oa eo, oa eo, oa eo, oa eo

kami para Tunas Muda, menang kalah, itu hal biasa
slalu menjunjung sportivitas, mengharumkan nama bangsa
oa eo, oa eo, oa eo, oa eo
oa eo, oa eo, oa eo, oa eo


Lagu itu (sebelum kepikiran ganti nama), selalu dinyanyikan tiap kali latihan, selalu mengiringi latihan. Semoga bukan hanya menjadi yel-yel belaka, tapi para Tunas Muda dengan benar memahami maknanya. Jadi, rasa-rasanya ide untuk mengganti nama terhambat oleh sesuatu mental dan spirit yang sudah kami tanamkan jauh-jauh hari. JIka apa yang ditanamkan kepada para Tunas Muda itu merupakan sikap mental dan spirit yang baik, mengganti nama adalah urusan yang kesekian kalinya.

Salam Tunas Muda 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar