Rabu, 23 Mei 2012

Part 1 : Sepakbola Kita Seperti Apa

Perkembangan sepakbola di Desa Telogorejo mengalami pasang surut dari waktu ke waktu. Sempat menjadi buah bibir di era 90-an hingga awal 2000-an dengan menjuarai kompetesi di kecamatan maupun di luar kecamatan, prestasi itu kian meredup hingga sekarang. Bila dirunut, ternyata banyak sekali masalah yang membuat mundurnya prestasi sepakbola di Desa Telogorejo. Beberapa masalah itu diantaranya, pola pembinaan yang tidak terarah, pelatih yang jarang melatih (hanya muncul ketika kompetisi digelar), dukungan dari pemerintah desa yang SANGAT kurang, sarana dan prasarana yang minim, ditambah lagi dengan perilaku para pemainnya yang tidak sportif dan indisipliner.

Prihatin itu jelas, tapi itu bukan sikap yang bisa merubah keadaan. Terjun langsung ke lapangan, menyelami kondisi carut marut yang sebenarnya, untuk kemudian dicarikan solusi merupakan perilaku kepahlawanan yang merupakan kontribusi yang sebenarnya.

Semuanya diawali dengan mengumpulkan pihak yang bersinggungan dengan kemajuan sepakbola yaitu para pemain dan (sedikit) pengurus yang setia, ditambah dengan para simpatisan. Acara itupun digelar pada awal tahun 2010 di kediaman Kang Kopan, mantan pemain dan pemerhati sepakbola era 1990-an. Sederet masalah beserta solusi didapat disitu. Sejumlah langkah perbaikan dibidik demi kemajuan sepakbola. Sayangnya, niat dan upaya yang begitu besar dan tulus dari para “pembaharu” tidak diimbangi hal yang serupa dari para pemain yang notabene merupakan subyek sekaligus objek kemajuan, sehingga ibarat bertepuk sebelak tangan, rencana yang begitu indah menjadi berantakan.

Tak mau proyek demi kamajuan sepakbola terhenti, para pembaharu terus melancarkan aksi dengan mengganti kebijakan yang begitu drastis, POTONG GENERASI, itulah ide yang bisa jadi sangat efektif, yaitu dengan mengganti generasi yang buruk (yang ada saat itu) dengan generasi muda (usia dibawah 13 tahun). Meskipun memang hasilnya tidak instan, tapi itu lebih baik daripada memaksakan kemajuan untuk orang-orang yang tidak ingin maju.

Berlanjut....
Part 2….SSB Tunas Muda : Proyek Besar itu Berawal dari Sini
Part 3….Meneguhkan Komitmen Memajukan Sepakbola : Apa yang Kurang ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar